METODOLOGI PENELITIAN

A. Pengertian Metodologi Penelitian
Metodologi penelitian berasal dari kata :
 Metode yang bermakna Cara yang tepat melakukan sesuatu ( Cholid Narbuko,2008)
 Logos yang bermakna ilmu/pengetahuan.
 Penelitian berasal dari kata Inggris, research. Yang berasal dari kata re yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian makna dari penelitian adalah mencari kembali. Salah satu ciri khas penelitian adalah proses yang berjalan secara terus menerus dan penelitian tidak akan pernah merupakan hasil yang bersifat final. Hasil penelitian seseorang harus tunduk pada penelitian orang lain yang datang belakangan sehingga penelitian dari awal sampai akhir merupakan proses usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan cara ilmiah untuk tujuan tertentu. ( Narbuko, C dan Abu, A. ; 2007 )
 Jadi pengertian dari Metodologi penelitian adalah ilmu/ penetahuan yang mempelajari tentang usaha untuk menemukan atau mencari kembali , mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan cara ilmiah yang berjalan secara terus – menerus untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
B. Ciri Ilmiah Metodologi Penelitian
Kegiatan penelitian itu didasarkan pada cirri – cirri ilmiah keilmuan yaitu :
 Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara – cara yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia.
 Empiris berarti cara – cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara – cara yang digunakan.
 Sistematis berarti proses yang digunakan dalam penelitian menggunakan langkah – langkah tertentu yang bersifat logis.

DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi dan Cholid Narbuko. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Jakarta : Alfabeta

About Little Plate

muda beda dan bahagia
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment