TIPS SEMANGAT OLAHRAGA

AYO OLAHRAGA DENGAN SEMANGAT

Ketika semangat untuk berolahraga datang, kita akan mempersiapkan segala sesuatunya. Pakaian, sepatu, alat pendukung, mengajak teman, dan melakukan hal lainnya, tapi biasanya sering saja berakhir dengan lebih tertarik untuk jajan di tempat olahraga atau sudah memulainya dengan cukup baik, tapi kembali ditinggalkan. Akhirnya, setiap akan kembali memulai selalu terasa sulit. Berikut beberapa tips untuk kembali berolahraga dengan rutin, tanpa beban dan bersemangat.
1. Jangan berhenti
Jika kita ingin membiasakan untuk terus untuk berolahraga, cobalah untuk menghindari masa jeda yang terlalu lama. Jika ini terjadi, kita akan menjadi lebih sulit membangun kembali kebiasaan tersebut. Tapi jika kita sudah mulai membiasakan diri, maka jangan tinggalkan kebiasaan tersebut begitu ada sedikit kesulitan untuk mengatur waktu saat-saat berolahraga kita.
2. Jangan menghitung
Untuk membiasakan diri , kita akan menghabiskan segala upaya untuk memulainya. Jadi, janganlah dulu mengukur sejauh mana kita telah melakukannya seperti menghitung berat atau sudah berapa putaran saat kita berlari.
3. Berkomitmen
Kita memerlukan hal yang satu ini saat melakukan hal kecil sekalipun. Jangan dibuat terlalu sulit bagi diri kita sendiri. Komitmen awal cukup untuk melakukannya walaupun hanya sekira 20 menit selama 1 bulan. Tapi hal ini akan membuat kebiasaan berolahraga menjadi lebih teratur. Dengan komitmen awal ini, kita tidak perlu lagi menjadi bingung dengan apa yang harus kita lakukan untuk memulainya.
4. Buat segalanya menjadi menyenangkan
Tidak ada teman atau tempat kita berolahraga tidak nyaman maka jangan menjadikan ketidaknyamanan menjadi alasan kita untuk berhenti berolahraga. Cobalah mengajak sahabat, keluarga atau pasangan. Jika beberapa olahraga terasa membosankan, cobalah untuk melibatkan diri dalam olahraga permainan seperti futsal atau basket. Jika alasannya adalah arena yang membuat kita merasa tidak nyaman, masih banyak tempat-tempat berolahraga yang menawarkan kenyamanan bagi kita.
5. Membuat jadwal
Tentu saja jangan menentukan saat berolahraga kita di waktu-waktu yang mudah terganggu oleh sesuatu yang lebih penting. kita sendiri sudah mengetahuinya bahwa pagi hari atau sore disaat kita selesai beraktivitas adalah waktu yang sangat tepat untuk berolahraga.
6. Ajak teman
Sama seperti untuk mengatasi masalah bosan dan ketidaknyamanan, dengan mengajak orang-orang terdekat untuk berolahraga, kita akan semakin bersemangat untuk terus melakukannya.

7. Tandai kalender
Selain cara ini akan bisa menunjukkan berapa lama kegiatan workout kita berjalan, menandai kalender akan menjadi reminder untuk memotivasi kita agar terus melakukannya dan merasa sayang jika harus meninggalkannya.
8. Menikmati lebih dulu
Maksudnya adalah ketika kita telah melakukannya, cobalah untuk memilah bagian apa yang kita sukai dan mana yang tidak dari kegiatan olahraga yang kita jalani. Hindari apa yang tidak kita sukai, selebihnya terus lakukan. Dengan fokus hanya pada hal yang kita sukai, kita akan lebih merasa nyaman untuk menjalankannya.
9. Obat stres
Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan stres kita. Karena pada saat kita berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorphin yang membuat mood kita menjadi lebih baik. Jika kita stres, cobalah untuk melakukan sedikit gerak badan yang kita sukai. Jika pelepasan stres ternyata lebih menyenangkan dengan melakukan olahraga maka akan lebih mudah lagi bagi kita untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan.
10. Mengukur kebugaran
Berat badan kita bukanlah tolak ukur dalam kesuksesan karena akan terjadi peningkatan otot selain penurunan lemak, sehingga mungkin tidak akan ada perubahan. Tapi kondisi tubuh yang fit adalah alasan yang kuat untuk terus termotivasi. Mencatat berapa kali kita bisa melakukan push-up atau sit-up dan seberapa cepat kita mampu berlari akan menjadi hal yang menyenangkan karena kita akan mengetahui sekuat dan secepat apa kita.
11. Sampingkan dahulu perlengkapan
Perlengkapan olahraga yang bagus tidak bisa menjamin kita memiliki kebiasaan. Kebanyakan orang berpikir bahwa jika mereka memiliki perlengkapan yang memadai akan membuat mereka menjadi lebih semangat, namun pada kenyataannya tidak. Berusahalah untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan terlebih dahulu, sehingga kita tahu apa yang kita butuhkan, setelah itu silahkan berbelanjalah kebutuhan olahraga kita.
12. Mulai dengan mudah
Jangan memulai membangun kebiasaan olahraga kita dengan latihan yang terlalu berat seperti lari berkilo-kilo misalnya. Mulai sesuai dengan kapasitas yang rendah di minggu-minggu awal agar kita tidak merasa malas untuk melakukannya lagi.
13. Lakukan untuk diri kita sendiri
Pastikan bahwa kita melakukannya bukan untuk bergaya, mendapatkan pujian, atau hal-hal lain semacamnya. Tapi jika kita berolahraga untuk “bersenang-senang”, kita akan bisa terus melakukannya meskipun hasilnya tidak akan cepat terlihat.
Jika saat ini kendala kita untuk melakukan olahraga termasuk pada beberapa hal tersebut diatas, mudah-mudahan kita bisa mengatasi kendala-kendala yang kita hadapi dan akan bisa melakukan kegiatan olahraga dengan lebih baik lagi.
Selamat mencoba.!!

About Kurwinda Kristi

muda beda dan bahagia
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s